Panduan Singkat Untuk Travel Writer Bagian Fotografi

Di bandara Sydney, saya menemukan toko buku Lonely Planet dan membeli buku Lonely Planet's Guide To Travel Writing. Setelah membaca beberapa bab di dalamnya, saya ingin merangkum hal penting untuk Travel Writer dari buku tersebut. Karena saya termasuk Travel Photographer, jadi yang saya dahulukan adalah tentang Travel Photogaphy yang mendukung tulisan dalam bentuk gambar.

Fotografi dan menulis adalah dua seni dan skill yang berbeda. Tetapi skill fotografi dibilang cukup berperan penting meskipun anda seorang penulis artikel travel, jadi anda tahu apa yang anda ungkapkan di artikel yang anda tulis melalui foto.


Tingkat Fotografi
Jika anda menulis artikel untuk sebuah koran, foto membantu artikel anda untuk dipublikasikan di media cetak. Mungkin cerita atau artikel anda tidak terlalu bagus atau menarik, tetapi foto yang bagus akan menjadi nilai tambah untuk mendorong editor dalam mempublikasikan tulisan anda. Terutama dalam acara khusus seperti upacara adat atau festival. Semakin baik foto yang anda sertakan dalam artikel anda, semakin besar peluang artikel anda untuk dipublikasikan di koran atau majalah.

Foto yang bagus terkadang membantu cerita anda untuk dipublikasikan. Menjual sebuah cerita beserta foto di dalamnya lebih baik daripada menjual ceritanya saja.

Di UK, kebanyakan koran dan majalah telah bekerja sama dengan agensi foto. Jika foto anda digunakan untuk komersial, kemungkinan akan dibayar sesuai dengan 'space rates', yang mana akan mendapat bayaran sekitar 40 sampai 65 pound sterling untuk kolom kecil dan 150 sampai 180 pound sterling untuk foto setengah halaman. Rates juga tergantung dari budget koran dan majalah bersangkutan, dan dimana foto anda akan ditempatkan. Majalah di UK yang memiliki sirkulasi sebesar 100.000, akan membayar 80 pound stering untuk setengah halaman dan 200 pound sterling untuk sampul depan. Sedangkan majalah yang memiliki sirkulasi sebesar 150.000 akan membayar apa saja mulai dari 100 pound sterling untuk setengah halaman dan 325 pound sterling untuk sampul depan.

Koran US biasanya membayar 25 sampai 50 USD untuk foto hitam - putih dan 50 sampai 100 USD untuk foto berwarna. Seperti di UK, majalah glossy cenderung menetapkan fotografer yang diminta untuk memotret beberapa cerita, tetapi mereka mendapatkan kesempatan untuk mempublikasikan karya nya dengan bayaran mulai 200 sampai 1000 USD per foto nya.

Di Australia, cerita dan foto dibayar per artikel. Untuk fotografer individu, berdasarkan cetakan diatas 50.000, koran akan membayar 265 AUD untuk setengah halaman dan 310 AUD untuk satu halaman penuh. Majalah akan membayar 240 AUD untuk seperempat halaman, 290 AUD untuk setengah halaman dan 338 AUD untuk satu halaman penuh.

Perlengkapan Fotografi
Jika anda ingin mencoba karya anda untuk dipublikasikan, maka ada baiknya ada mencoba belajar sedikit tentang fotografi digital dan memiliki beberapa perlangkapan fotografi digital yang bagus. Untuk beberapa alasan yang sangat baik, kebanyakan publikasi memilih gambar digital daripada film. Kenyataannya, banyak penerbit yang hanya menerima gambar digital. Memotret dengan format RAW adalah yang terbaik. File RAW seperti halnya film negatif pada roll film analog. Meskipun anda butuh mengubah file RAW menjadi JPEG sebelum anda mengirimkan foto anda ke majalah atau koran.

Untuk mendapatkan foto dengan kualitas bagus, minimal anda harus menggunakan kamera DSRL yang memiliki resolusi 8 Megapixel dan menggunakan lensa yang dibutuhkan dalam traveling seperti 28mm untuk wide angle dan 105mm untuk portrait. Tripod ringan juga berguna untuk memotret landscape dan situasi cahaya yang rendah.

Sebagai fotografer travel, foto seperti apa yang harus anda abadikan ? Cobalah berpikir seperti editor, dan ambil foto - foto yang membantu pembaca untuk melihat cerita anda, melengkapi dan meningkatkan kalimat - kalimat anda. Foto - foto anda sebaiknya menggambarkan poin utama dari cerita. Untuk memaksimalkan kesempatan anda, serahkan foto yang beragam. Saat menyusun foto, cari sudut dan perspektif yang menarik. Dan pastikan foto anda memiliki fokus visual yang jelas.

Cahaya adalah elemen penting di semua macam foto dan untuk memotret efek yang terbaik beberapa profesional fotografer hanya memotret di pagi hari, tepat di setelah matahari terbit dan menjelang sore tepat sebelum matahari terbenam.

Share:

0 comments