London: Pasar dan Museum yang Berwarna dan Bikin Khilaf

Pasar dan museum, siapa yang ngga suka dua tempat itu? Yaaah, pasti ada sih. Tapi yang aku maksud di sini adalah bukan pasar sembarang pasar dan museum bukan sembarang museum. Jadi, menurut 


ada 92 museum dan gallery di London, mungkin aku baru mengunjungi 10 atau 11 museum yang ada. Sedangkan pasar? Mungkin baru 3 atau 4 pasar tradisional nan unik yang ada di London. Tema pasarnya pun beragam, ada yang menjual barang antik sampai menjual berbagai macam makanan.

 Science Museum

 Natural History Museum

 Victoria & Albert (V&A) Museum

Ketiga museum di atas (Science Museum, Natural History Museum dan Victoria & Albert Museum) letaknya berdekatan, yaitu di South Kensington, dan semuanya gratis. Semua museum yang gratis di London bergantung kepada donasi dari pengunjung, jadi kalau kamu ambil peta atau melihat kotak donasi dan lagi punya rejeki lebih, ngga ada salahnya kasih donasi meskipun nominal minimum donasinya adalah 5 poundsterling (jangan dikaliin ke nilai Rupiah sekarang, nanti kalian enggan ngasih donasi). 

Untuk pasarnya sendiri aku lebih suka Camden Market karena agak hipster hipster gimanaaaaaaaaa gitu, buktinya aja ada almarhumah Amy Winehouse nangkring di sonoh :3 Selain itu buat pecinta gigs (terutama yang gratis), bisa ke Portobello Market, nah tempat gigsnya (beserta bar indoor) lebih gampang ditempuh kalau kalian dari stasiun Ladbroke Grove. Tinggal koprol 5 kali, sampe deh :3 Harga makanan dan barang yang dijual pun beragam, buat barang yang sekiranya masih bisa ditawar, keluarkanlah jiwa emak-emak kalian sampe dapet harga yang pas. Kalo ngga? Anda kurang beruntung.

 Eh ada mpok Amy Winehouse :3

Camden Market di hari biasa adalah surga dunia karena sepi :3

Gigs gratisan di Portobello Market

Kota London sendiri sebenernya lebih enak dijelajahi sendiri atau berdua biar ngga rusuh-rusuh amat kecuali tau diri, karena kalau kalian naik underground train dan rame sendiri, penumpang lain bakal terganggu. Mungkin terdengar sepele dan masa bodoh, tetapi penumpang underground train terutama di jam pulang kantor itu rada sensitif karena mereka capek dan ngantuk, belum lagi mereka balik ke rumahnya jauh, ada yang menempuh perjalanan selama sejam bahkan lebih. Sekarang empat line di London beroperasi 24 jam pas weekend: Nothern Lina (hitam), Victoria Line (biru muda), Central Line (merah) dan Jubilee Line (abu-abu). Jadi yang mau nongkrong sampe malem banget atau sampe besok subuh pas weekend, selamaaaaat! Kalian ngga akan kebingungan akan transportasi :))




Share:

0 comments